Thursday, September 18, 2014

Mesin Ketik, Dulu dan Sekarang

Mesin Ketik, Dulu dan Sekarang ~ Pasti teman-teman sudah tahu dan mengenal bahkan memakai dengan Mesin tik. Mesin tik merupakan salah satu alat yang sangat popular dalam dunia perkantoran sebelum adanya komputer pribadi yang mendominasi saat ini. Mesin tik dapat digambarkan sebagai sebuah mesin yang berupa rangkaian tombol-tombol sepeti pada keyboard komputer saat ini akan tetapi apabila tombol mesin tik ditekan maka huruf akan langsung tercetak pada kertas.

Menurut Wikipedia Mesin tik atau yang lebih popular dengan nama mesin tik merupakan mesin, atau alat elektronik dengan sebuah set tombol-tombol yang, apabila ditekan, menyebabkan huruf dicetak pada kertas. Mesin tik hanya digunakan untuk mengetikkan kata-kata sehingga fungsi dari mesin tik itu sendiri yaitu untuk menulis atau membuat buku bagi penulis serta membuat surat atau berupa teks-teks bagi pegawai kantoran.

Pada awal penemuan mesin tik pada abad ke 18 hingga abad ke 20, mesin tik ini banyak digunakan oleh penulis-penulis buku profesional serta pekerja kantoran dan sejak saat itu mesin tik menjadi populer dan banyak diproduksi oleh perusahaan-perusahaan sehingga menjadi barang komersial diseluruh Dunia. Bahkan teks Proklamasi kemerdekaan Indonesia diketik menggunakan mesin tik.

Saat ini peran mesin tik sebagai alat untuk menulis serta alat yang banyak dipergunakan pada perkantoran sudah tergantikan oleh alat yang lebih canggih dan tidak hanya digunakan untuk mengetik huruf-huruf saja yaitu computer pribadi (personal computer). Hanya beberapa profesi saja yang menggunakan mesin tik sebagai alat untuk menulis, salah satunya yaitu penulis.

Mesin tik juga sudah sangat jarang kita temui dijual di toko-toko hanya toko-toko tertentu saja yang menjual mesin yang digunakan untuk mengetik ini. Jika dulu tukang servis mesin tik banyak kita temui tapi sekarang sangat susah sebab sudah jarang lagi orang yang menggunakan mesin tik tersebut.

Sekarang mesin tik sudah menjadi barang langka, khususnya jenis mesin tik yang bentuknya antik. Banyak orang yang memburunya untuk dijadikan koleksi atau sekedar hanya ingin mengagumi keindahannya. Walaupun sekarang mesin tik menjadi salah satu barang antik, akan tetapi mesin tik masih digunakan di beberapa Negara tertentu di dunia hingga saat ini ~ Mesin Ketik, Dulu dan Sekarang.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates