Sunday, February 8, 2015

Sejarah Papan Ketik atau Tuts

Sejarah Papan Ketik atau Tuts ~ Papan tuts (keyboard) merupakan salah satu komponen utama dari mesin ketik khususnya pada jenis mesin ketik manual maupun pada komputer. Semua jenis mesin ketik dan komputer yang ada mempunyai papan tuts (keyboard) yang berisi kumpulan tuts-tuts huruf. Papan tuts terdiri dari empat bagian, yaitu tuts angka, huruf, simbol, dan tanda baca.

Papan ketik pertama dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 berdasarkan rancangan dasarnya pada mesin ketik buatannya. Mesin ketik buatan Christopher Latham ini banyak dipasarka pada tahun 1877 oleh perusahaan Remington. (id.wikipedia.org)

Pada tahun 1865, Rev. Rasmus Malling-Hansen menciptakan "Hansen Writing Ball", yang kemudian menjadi mesin ketik pertama yang dijual secara komersil pada tahun 1870, papan ketik yang digunakan dalam mesin ketik ini terbuat dari keramik. Ada juga papan ketik yang terbuat dari kayu yang dibuat oleh Peter Mitterhofer, seorang tukang kayu berkebangsaan Austria, berhasil mengembangkan beberapa model mesin ketik dan prototipe ini dapat berfungsi secara penuh pada tahun 1867. (id.wikipedia.org)

Tata letak ”qwerty” pada papan ketik sudah menjadi standardisasi dan tetap digunakan hingga saat ini. Pada tahun 1874, Sholes dan Glidden menciptakan mesin ketik dengan tata letak papan ketik ”qwerty”. Tata letak ini telah menjadi standar dalam mesin ketik dan papan ketik komputer yang berbahasa Inggris. Tipe ”qwerty” disesuaikan di beberapa negara lain, seperti ”qzerty” di Itali, ”azerty” di Perancis, dan ”qwertz” di Jerman. (id.wikipedia.org) ~ Sejarah Papan Ketik atau Tuts

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates