Thursday, February 19, 2015

Penjelasan Singkat Tentang Pita Mesin Tik Manual

Penjelasan Singkat Tentang Pita Mesin Tik Manual ~ Pita mesin ketik (ribbon), Biasanya, lebar pita sekitar 13 mm dan menggunakan tinta karbon yang berfungsi untuk memberi warna huruf atau hasil ketikan pada kertas agar lebih jelas. Berdasarkan bahan pembuatannya ada dua jenis pita mesin ketik, yaitu pita katun dan pita plastik.

Pita Mesin Tik Manual Merk Swallow [Image by babejadul.blogspot.com], 
Ada beberapa bagian-bagian dari mesin ketik yang berhubungan dengan pita (ribbon) ini yaitu Penggulung pita (roll, spool), Penggetar pita (ribbon vibrator), penuntun pita (ribbon guide), Pengembali putaran pita (ribbon feed release), Pengerem pita (ribbon brake lever; flap) serta Pengatur pita (ribbon indicator; ribbon selector switch). Berikut ini fungsi dari bagian mesin ketik yang berhubungan dengan pita mesin ketik tersebut.

Penggulung pita (roll, spool), Penggulung pita terletak di bawah tutup mesin, di sebelah kiri dan kanan mesin tik. Ujung kaitnya berada di tengah dan berfungsi untuk menggulung pita; Penggetar pita (ribbon vibrator), Berfungsi sebagai pemegang pita untuk mengurangi getaran pada waktu pengetikan. Di antara pemegang pita terdapat penuntun pita (ribbon guide); dan Pengembali putaran pita (ribbon feed release), Pengembali putaran pita terletak di kin dan kanan dekat spool dan berfungsi untuk menggeser putaran pita ke arah spool yang kosong.
Bagian-bagian berikutnya ialah Pengerem pita (ribbon brake lever; flap), Pengerem gulungan pita yang berfungsi untuk menghindari terlipatnya gulungan pita; Pengatur pita (ribbon indicator; ribbon selector switch), Berfungsi untuk mengatur warna hasil ketikan sesuai dengan warna pita. Bagian atas hitam, bawah merah, dan tengah netral ~ Penjelasan Singkat Tentang Pita Mesin Tik Manual.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates