Thursday, September 18, 2014

Bagian-Bagian Pada Kerangka Mesin Ketik Manual

Bagian-Bagian Pada Kerangka Mesin Ketik Manual - Kerangka mesin ketik merupakan sala satu komponen utama dari mesin ketik selain dari dua komponen lainnya yaitu Gandaran (carriage)  dan Papan tuts (keyboard) . Kerangka pada mesin ketik Merupakan rangkaian peralatan mekanik yang menghubungkan papan tuts dengan gandaran. Pada Kerangka mesin ketik terdiri dari beberapa bagian-bagian, bagian-bagain tersebut adalah  sebagai berikut.

Gambar : Komponen Mesin Ketik [Image by www.merdeka.com], 
Kunci gandaran (carriage lock), berfungsi untuk mengunci gandaran pada saat mesin tidak digunakan; Pemegang kartu (card and label holder), berfungsi untuk menekan kartu, label, kuitansi, dan amplop agar tidak merapat pada roll atau bergeser; Penuntun garis (line indicator), berfungsi untuk menuntun garis ketikan karena garis ini terletak pada bagian tengah pemegang label dan berada tepat pada sepatu huruf; Lubang penggaris (ruling holes), Alat ini terletak pada pemegang label dan berfungsi untuk membuat garis tegak atau datar pada ketikan; dan Titik ketik (print point, pointer), Terletak di antara dua pemegang label dan berfungsi untuk mengetahui letak huruf dengan tepat.

Bagian selanjutnya yaitu Pita (ribbon), Biasanya, lebar pita sekitar 13 mm dan menggunakan tinta karbon yang berfungsi untuk memberi warna huruf atau hasil ketikan pada kertas. Berdasarkan pembuatnya ada dua jenis pita, yaitu pita katun dan pita plastic; Penggulung pita (roll, spool), Penggulung pita terletak di bawah tutup mesin, di sebelah kiri dan kanan mesin tik.
Ujung kaitnya berada di tengah dan berfungsi untuk menggulung pita; Penggetar pita (ribbon vibrator), Berfungsi sebagai pemegang pita untuk mengurangi getaran pada waktu pengetikan. Di antara pemegang pita terdapat penuntun pita (ribbon guide); dan Pengembali putaran pita (ribbon feed release), Pengembali putaran pita terletak di kin dan kanan dekat spool dan berfungsi untuk menggeser putaran pita ke arah spool yang kosong.
Bagian-bagian berikutnya ialah Pengerem pita (ribbon brake lever; flap), Pengerem gulungan pita yang berfungsi untuk menghindari terlipatnya gulungan pita; Pengatur pita (ribbon indicator; ribbon selector switch), Berfungsi untuk mengatur warna hasil ketikan sesuai dengan warna pita. Bagian atas hitam, bawah merah, dan tengah netral.

Biasanya digunakan untuk mengetik kertas sheet; Balok huruf (letter block), Bagian ini terdiri dari balok huruf, angka, simbol, dan tanda baca lainnya. Balok huruf ini terletak di bawah tutup mesin; serta Bel (bell), Letaknya di bawah gandaran dan berfungsi untuk memberi isyarat bahwa pengetikan tinggal lima atau enam hentakan lagi ~ Bagian-Bagian Pada Kerangka Mesin Ketik Manual.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates