Thursday, September 18, 2014

Jenis-Jenis Mesin Ketik Elektrik

Jenis-Jenis Mesin Ketik Elektrik - Dalam artikel kita sebelumnya, kita telah telah mengetahui jenis-jenis dari mesin ketik. Jenis-jenis dari mesin ketik tersebut dibedakan berdasarkan berdasarkan mekanismenya, berdasarkan ukuran bodynya, berdasarkan tutsnya, berdasarkan ukuran hurufnya, Berdasarkan pencetak hurufnya dan Berdasarkan gandaran.

Gambar : Mesin Ketik [Image by m.infospesial.net], 
Pada Jenis mesin ketik berdasarkan mekanisme atau cara kerjanya, dibedakan lagi menjadi tiga jenis. Salah satunya yaitu mesin ketik elektrik, Mesin ketik elektrik merupakan mesin ketik yang cara kerjanya dengan bantuan tenaga manusia dan tenaga listrik. Yang membedakannya dari mesin ketik manual yang paling mencolok yaitu tenaga penggerak dari mesin ketik elektrik ini menggunkan bantuan listrik.
Mesin ketik elektrik juga mempunyai dua jenis, kedua jenis ini dibedakan berdasarkan dari penempatan hurufnya. Kedua jenis mesin ketik elektrik tersebut yaitu mesin ketik listrik dengan sistem batang hruf dan Mesin ketik klistrik dengan sistem bola huruf.

mesin ketik listrik dengan sistem batang huruf merupakan mesin ketik elektrik yang mirip dengan mesin ketik biasa (Mesin Ketik Manual) yang tuts atau tombol hurufnya dipasang pada ujung-ujung batang yang disusun rapi. Tetapi untuk pengopeasiannya dibantu oleh tenaga listrik yaitu dengan adanya tombol salar (on-off switch). Diantaranya adanya tuts untuk mengembalikan gandaran (return key) dan pada tuts khusus untuk menaikkan kertas. Jenis-jenis mesin ketik listrik ini antara lain dikeluarkan oleh Royal, Olympia, Olivetti, dan lain-lain.
Mesin ketik listrik dengan sistem bola huruf, yaitu mesin ketik dimana huruf-huruf ketik dan tanda-tanda lainnya dirapatkan pada dinding luar sebuah bola dan apabila tutsnya disentuh, maka huruf atau tanda yang bersangkutan diterakan atau dinampakan pada kertas yang dipoasang pada silinder, dan bola huruf akan bergerak sau spasi kekanan ~ Jenis-Jenis Mesin Ketik Elektrik.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates