Thursday, September 18, 2014

Jenis-Jenis Mesin Ketik

Jenis-Jenis Mesin Ketik - Jika sebelumnya kita telah membahas mengani sedikit sejarah dari mesin tik serta keadaan mesin tik dulu dan sekarang, pada kali ini kita akan mengetahui mengenai jenis-jenis dari mesin tik. Banyak yang belum mengetahui bahwa mesin tik mempunyai berbagai macam jenis.

Jenis-jenis dari Mesin tik yang ada dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yaitu berdasarkan mekanismenya, berdasarkan ukuran body, berdasarkan tuts, berdasarkan ukuran huruf, Berdasarkan pencetak huruf serta Berdasarkan gandaran. Hal demikianlah yang membuat Mesin tik mempunyai berbagai macam jenis.

Gambar : Mesin Ketik [Image by m.infospesial.net], 
Nah langsung saja kita bahas satu per satu jenis mesin tik tersebut. Untuk Jenis Mesin tik berdasarkan mekanismenya yaitu cara kerjanya, dapat dibedakan menjadi tiga yaitu : Mesin tik manual yaitu mesin tik yang cara kerjanya sepenuhnya manual dengan tenaga manusia, Mesin tik Elektrik yaitu mesin tik yang cara kerjanya dengan tenaga manusia dan tenaga listrik dan Mesin tik Elektronik yaitu mesin tik yang cara kerjanya gabungan antara tenaga manusia, listrik dan komponen-komponen elektronik.

Selanjutnya jenis mesin tik berdasarkan ukuran bentuknya, untuk Jenis Mesin tik berdasarkan ukuran bentuknya, maka dapat dibedakan menjadi tiga  jenis. Yaitu, Mesin tik standar, yaitu mesin tik yang mempunyai ukuran sekitar 27 inci; Mesin tik semi standar, yaitu mesin tik yang mempunyai ukuran sekitar 15 – 21 inci; dan Mesin tik portable, yaitu mesin tik yang berukuran sekitar 8 – 13 inci.
Sedangkan untuk mesin tik berdasarkan tuts atau tata letak dari tombol huruf-hurufnya, dapat dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu, mesin tik ideal, yaitu mesin tik yang bentuk tuts atau tata letak tombol hurufnya hanya digunakan dan dibuat di Negara-negara tertentu saja; dan mesin tik universal, yang bentuk tutsnya atau atau tata letak tombol hurufnya digunakan diseluruh dunia.

Berikutnya yaitu Jenis Mesin tik berdasarkan ukuran huruf yang dihasilkan, jenis mesin tik ini dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Yaitu, Mesin tik pica, tiap inci membuat 10 entakan atau huruf; mesin tik elite, tiap inci memuat 12 entakan atau huruf; dan mesin tik mikro, tiap inci memuat 15 entakan atau huruf.
Jenis Mesin tik Berdasarkan pencetak huruf (typing element) atau alat yang digunakan pada mesin tik tersebut untuk mencetak huruf, mesin tik ini dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Yaitu, Batang huruf (type block), Biasanya digunakan dalam mesin tik manual; Bola huruf (font type), Biasanya digunakan untuk mesin tik listrik (electric typewriter); dan Roda huruf (daisy wheel), biasanya digunakan dalam mesin tik elektronik (electronic typewriter).

Dan yang terakhir adalah jenis Mesin tik Berdasarkan gandaran (carriage), dapat dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu, Mesin tik menggunakan kait dan Mesin tik tidak menggunakan gandaran (noncarriage). Itulah berbagai macam jenis dari mesin tik, sebenarnya secara garis besar mesin ketik hanya mempunyai tiga jenis saja yaitu mesin ketik manual, mesin ketik elektrik dan mesin ketik elektronik. Ketiga jenis tersebut telah dibahas sebelumnya tadi ~ Jenis-Jenis Mesin Ketik.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates