Thursday, September 18, 2014

Bagian-Bagian Pada Papan Tuts (Keyboard)

Bagian-Bagian Pada Papan Tuts (Keyboard) - Papan tuts (keyboard) merupakan saah satu komponen utama dari mesin ketik khususnya pada jenis mesin ketik manual. Semua jenis mesin ketik yang ada mempunyai papan tuts (keyboard) yang berisi kumpulan tuts-tuts huruf. Papan tuts terdiri dari empat bagian, yaitu tuts angka, huruf, simbol, dan tanda baca. Berikut ini bagian-bagian yang biasanya terdapat pada Papan tuts (keyboard) Mesin Ketik.

Tuts huruf, Terdiri dari 26 huruf, yaitu tuts basis (A S D F G H J K L), tuts pangkal (Z X C V B N M , . ?), dan tuts­tuts deretan paling atas (Q W E R T Y U I O P 1/2);  Tuts angka, simbol, dan tanda baca, Tuts angka terdiri dari 10 angka (0-9) dan ter­letak pada deretan paling atas. Pada tuts angka ini terdapat simbol (di bagian atas) yang akan mun­cul bila kita menekan tombol shift.

Gambar : Komponen Mesin Ketik [Image by www.merdeka.com], 
Kunci pengubah (shift lock), Tuts yang terletak di sebelah kiri tuts A dan ber­fungsi untuk mengetik huruf kapital. Sedangkan untuk mengembalikan ke huruf kecil, tekanlah tuts pengubah (di bawahnya);  Tuts pengubah (shift key), Tuts tanpa tanda dan terletak di ujung kiri-kanan pada deretan paling bawah. Berfungsi untuk me­ngetik huruf kapital satu per satu serta tanda baca atau simbol yang terletak di bagian atas; dan Bilah spasi (space bar), Terletak di bawah deretan tuts huruf dan berfungsi untuk menggeser gandaran ke kiri atau untuk membuat spasi.
Selanjutnya adalah  Tuts tabulator desimal, Minimal terdapat 8 tuts: 1,100,1000, dan se­terusnya yang berfungsi untuk pengetikan lurus antara desimal, satuan, puluhan, dan seterusnya;  Tuts kunci tabulator (tab set key), Tuts dengan tanda (+) atau tab + ini terletak di bagian atas dan berfungsi untuk memasang pasak tabulator (tab stop); Tuts pembebas tabulator (tab clearing key), Tuts dengan tanda (-) atau tab - ini terletak di bagian atas yang berfungsi untuk menggeser gan­daran ke kanan; Tuts tabulator (tab key/bar), Tuts dengan tanda tabs ini terletak di bagian atas yang berfungsi untuk menggeser gandaran ke kanan; dan Tuts spasi ganda (double space setter), Tuts dengan tanda / / / yang terletak di ujung kiri ini berfungsi untuk mengetik huruf dengan jarak satu spasi secara otomatis.
Berikutnya ialah Tuts pembebas pasak (margin release), Tuts dengan tanda = => <= = I I <= = = => : : MR ini terletak di sebelah kiri tuts Q. Tuts ini berfungsi untuk membebaskan pasak kanan apabila kita mengetik beberapa huruf yang harus dirangkai, tetapi sudah melewati batas ketikan; Tuts pemundur (back space), Tuts dengan tanda = =>, <= = ini berfungsi untuk memundurkan gandaran satu spasi tiap ditekan satu kali; dan Bilah spasi pengulang (repeat space bar), Terletak di sebelah kanan atau kiri bilah spasi, biasanya diberi warna merah dengan tulisan Auto­matic atau Repeat Spacer. Tuts ini berfungsi untuk membuat spasi berulang ~ Bagian-Bagian Pada Papan Tuts (Keyboard).

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates