Thursday, September 18, 2014

Ciri-Ciri dan Ukuran Jenis Mesin Ketik Manual

Ciri-Ciri dan Ukuran Jenis Mesin Ketik Manual - Berdasarkan cara kerja atau mekanismenya, mesin ketik yang paling banyak digunakan oleh orang-orang yaitu jenis mesin ketik manual atau mesin ketik yang dioperasikan seluruhnya dengan tenaga manusia. Sama seperti namanya, Mesin ketik manual ini merupakan mesin ketik yang digerakkan  dengan bantuan tenaga manusia sepenuhnya.

Gambar : Mesin Ketik [Image by m.infospesial.net], 
Mesin ketik manual mempunyai ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan Mesin Ketik Elektrik maupun Mesin Ketik Elektronik. Ciri-ciri dari mesin ketik manual  yang pertama ialah  komponennya bersifat mekanis atau hanya bergerak jika dioperasikan atau digerakkan dengan tenaga tangan manusia; Ciri yang kedua yaitu Gandaran Daoap digeser secara manual ke kanan maupun kekiri; Ciri ketiga dari mesin ketik manual yaitu Letak pita dapat diatur keatas tengah dan bawah serta Rol pita (spool) dapat menggulung pita kekanan dan kekiri.

Ciri selanjutnya ukuran huruf pada mesin ketik manual biasanya pica (tiap inci membuat 10 entakan atau huruf) dan elite (yaitu tiap inci memuat 12 entakan atau huruf); Selanjutnya untuk mengganti jarak baris harus menggunakan kait; Ciri khas dari emsin ketik manual yaitu mencetak dengan batang huruf (type block); dan ciri yang terakhir mesin ketik manual biasanya mempunyai Panjang gandaran maksimum 27 inci.
Mesin ketik manual juga mempunyai tiga macam ukuran, yaitu standar, semistandar dan Portabel. Mesin ketik manual Standar mempunyai Panjang gandaran antara 13 sampai 27 inci; Mesin Ketik manual dengan ukuran standar juga dapat digunakan untuk mengetik kertas yang berukuran double folio penuh atau A2 dan A3; Papan tuts lengkap dengan sistem tabulator penuh; dan Nama lain mesin tik ukuran ini adalah mesin tik serbaguna (allpurpose typewriter).
Mesin Ketik dengan ukuran Semistandar mempunyai Panjang gandaran 13 inci; Dapat digunakan untuk mengetik kertas ukuran 1½  folio atau A4; dan Tabulator sederhana, tapi ada juga yang meng­gunakan sistem tabulator tetap, misalnya 5 ketukan setiap tabulatornya. Sedangkan Mesin Ketik Manual dengan Ukuran Portabel mempunyai Panjang gandaran hanya 10 inci; Mesin tik ini bentuknya kecil hingga memudah­kan dibawa ke mana-mana; Tidak memiliki sistem tabulator; dan Hanya mampu mengetik kertas berukuran folio ~ Ciri-Ciri dan Ukuran Jenis Mesin Ketik Manual.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates