Thursday, September 18, 2014

Bagian-Bagian Pada Gandaran (carriage) Mesin Ketik

Bagian-Bagian Pada Gandaran (carriage) Mesin Ketik - Gandaran (carriage) yang terdapat pada mesin ketik merupakan salah satu komponen utama dari mesin ketik, disamping komponen lainnya yaitu Kerangka mesin ketik dan Papan tuts (keyboard). Gandaran (carriage) merupakan Bagian mesin ketik yang berjalan di atas rel dan dapat digerakkan ke kanan dan ke kiri, gandaran ini terletak dibagian atas dari mesin ketik dan akan bergerak apa bila tombol hurufnya ditekan. Berikut ini Bagian-bagian yang terdapat di dalam gandaran mesin ketik manual, yaitu :

Gambar : Komponen Mesin Ketik [Image by www.merdeka.com], 
Tombol penggulung (platen knob), Digunakan untuk memutar rol ke depan dan ke belakang; Pembebas jarak baris (variable line spacer), Digunakan untuk membebaskan kunci jarak baris; Pembebas rol (roller release), Digunakan untuk membebaskan rol dari gigi jarak baris; Pembebas gandaran (carriage release lever), Digunakan untuk membebaskan gandaran seke kiri gandaran dapat digerakkan ke kanan; dan Pembebas kertas (paper release lever) Digunakan untuk membebaskan kertas pada pinggir kiri, meluruskan pemasangan kertas pada pinggir kiri, dan melonggarkan kertas agar mudah dicabut.
Bagian-Bagian dari gandaran mesin ketik lainnya yaitu Pembebas tabulator (complete tabulator clearing lever), Digunakan untuk membebaskan semua pasak tabulator secara bersamaan; Pengatur jarak baris (line space regulator), Digunakan untuk memberi jarak baris ketika mengetik; Papan kertas (paper rest, paper table), Digunakan untuk meletakkan kertas pada saat dipasangkan dan untuk mengetahui lebar kertas; dan Penuntun kertas (paper guide), Digunakan untuk menentukan tempat pinggiran kertas di sebelah kiri.

Bagian dari gandaran selanjutnys ialah  Rol (cylinder, roler), Digunakan untuk menggulung kertas. Di bawah bagian ini terdapat rol lebih kecil yang berguna untuk memegang kertas pada rol (paper holder bail); Mistar kertas (paper bail), Digunakan untuk menjepit kertas pada rol. Pada mistar kertas terdapat skala penuntun kertas (paper guide scale) yang berfungsi untuk menentukan penempatan kertas; Penekan segi (margin stop), Digunakan untuk menentukan batas pinggir kiri dan kanan dari kertas.
Pada bagian kiri komponen ini terdapat papan penghapus (eareser table) yang berfungsi sebagai landasan saat menghapus; dan Kait (carriage return, line space lever), Digunakan untuk menggeser gandaran ke kanan secara otomatis dan menarik kertas ke atas. Selain itu, bisa juga digunakan untuk membuat baris baru ~ Bagian-Bagian Pada Gandaran (carriage) Mesin Ketik.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates