Monday, April 13, 2015

Pengertian Mesin Ketik

Pengertian Mesin Ketik ~ Pada saat ini, orang-orang banyak menggunakan komputer untuk mengetik, dengan menggunakan komputer kita diberi kemudahan untuk mengetik sebuah tulisan sekaligus mengedit tulisan tersebut. Akan tetapi, sebelum orang-orang mengenal dan menggunakan komputer untuk mengetik, kita mengenal sebuah alat yang sangat populer pada abad 19 dan 20 yaitu Mesin tik.

Apa itu mesin tik ? Menurut wikipedia.org, Mesin tik atau Mesin tik adalah mesin, atau alat elektronik dengan sebuah set tombol-tombol yang, apabila ditekan, menyebabkan huruf dicetak pada dokumen, biasanya kertas. Sekarang ini terdapat tiga jenis mesin tik jika dilihat dari mekanismenya, yaitu Mesin tik Manual, Mesin tik Elektrik dan Mesin tik Elektronik.


Mesin tik manual yaitu mesin tik yang cara kerjanya sepenuhnya manual dengan tenaga manusia, Mesin tik Elektrik yaitu mesin tik yang cara kerjanya dengan tenaga manusia dan tenaga listrik, sedangkan Mesin tik Elektronik yaitu mesin tik yang cara kerjanya gabungan antara tenaga manusia, listrik dan komponen-komponen elektronik.

Mesin tik pada umumnya mempunyai tiga komponen penting yang menyusunnya, khusus untuk Mesin tik Manual memiliki tiga komponen utama, yaitu Gandaran (carriage), Kerangka mesin tik dan Papan tuts (keyboard).

Walaupun pada abad 21 ini sudah jarang orang yang menggunakan mesin tik, akan tetapi masih banyak juga beberapa orang kolektor benda antik yang mencarinya, khususnya mesin tik yang mempunyai umur yang tua serta bentuknya yang unik.

Selain itu jenis font mesin tik juga banyak banyak dicari oleh orang, font mesin tik ini dapat dipasang di komputer serta pada aplikasi Microsoft Word sehingga walaupun kita menggunakan komputer untuk mengetik, akan tetapi kita dapat menggunakan bentuk huruf mesin tik tersebut pada hasil ketikan kita ~ Pengertian Mesin Ketik.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates